Sabtu, 10 Maret 2012

Mengapa Global Warming Bisa Terjadi?

Global warming terjadi karena peningkatan suhu bumi secara keseluruhan sehingga terjadinya perubahan iklim dan cuaca global dalam rentang waktu yang relatif cepat. Panas dari sinar matahari sebagian ada yang diserap dan sebagian lagi dipantulkan ke luar atmosfer bumi. Sinar tersebut dipantulkan kebanyakan oleh es di kutub dan awan yang berwarna putih (ingat warna putih itu sifatnya memantulkan 90% lebih cahaya). Namun emisi karbon (dioksida) yang dilepaskan manusia ternyata melebihi batas yang dapat didaur-ulang oleh bumi itu sendiri (ingat bahwa fotosintesis dari tumbuhan membutuhkan karbon dioksida untuk diubah menjadi Oksigen). akibatnya emisi karbon tersebut ikut terlepas ke atmosfer bumi.

Emisi karbon yang berada di atmosfer bumi bersifat menjebak panas dari sinar matahari yang dipantulkan oleh bumi tadi. Akibatnya panas yang dipantulkan kembali lagi ke bumi. Panas yang terus menerus terkumpul mengakibatkan suhu bumi meningkat, Es di kutub menjadi lebih cepat mencair, resiko kebakaran hutan makin besar, hal ini diperparah dengan tidak adanya penurunan emisi karbon secara global.

Nah hubungannya dengan pemakaian listrik adalah karena 95% energi listrik di Indonesia dihasilkan dari pembangkit2 listrik yang tidak ramah lingkungan seperti tenaga MInyak, dan Batu Bara. Jika pemakaian akan listrik terus meningkat tanpa adanya penghematan artinya pembangkit listrik harus terus berproduksi dengan kapasitas tinggi. Ini menyebabkan emisi karbon yang dihasilkan menjadi sangat besar...


SUMBER: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081110052447AAgPc20

3 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya yg bermanfaat

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. 5%nya berarti dari bempangkit listrik ramah lingkungan. kaya dari energi tenaga surya, PLTA, dll. mungkin?

      Hapus